Sepak Bola

Kemenangan dalam sepak bola tidak hanya ditentukan oleh kualitas pemain saja, tetapi kualitas strategi juga bisa membuat kemenangan tim yang diterapkan oleh pelatih. Strategi bisa saja berubah tergantung pada situasi dan kondisi yang dihadapi. Faktor yang harus diperhatikan dalam menentukan strategi yaitu kemampuan fisik dan keadaan mental setiap tim maupun lawan.

Model permainan merupakan sebuah rancangan yang dibangun dari berbagai kumpulan prinsip-prinsip strategi dan taktik. Dalam latihan dan pertandingan, berdasarkan prinsip-prinsip ini, pemain melakukan komunikasi taktik sepak bola. Dari prinsip-prinsip inilah pelatih berangkat untuk mendesain bentuk latihan yang relevan.

Seorang penyerang harus dapat berpikir di kakinya dan dapat berkomunikasi dengan timnya. Asisten pelatih timnas U-23 Indonesia, Bima Sakti, menjelaskan salah satu strategi yang akan diterapkan, yakni mengistruksikan pemain untuk sabar dan tidak terburu-buru mengalirkan bola ke pertahanan lawan. Dengan pola itu, fase pertahanan bisa segera dimulai begitu lawan menguasai bola yang didasarkan dengan menciptakan “ruang intersepsi” yang luas untuk meningkatkan peluang merebut kembali bola dari lawan. Seperti saat fase menyerang, dua daerah diciptakan dalam radius 20 meter. Fakta bahwa Barcelona bermain lebih maju ke arah gawang lawan, bersama dengan pressingatau tekanan terkoordinasi, membuat recovery (merebut bola) bisa dicapai di daerah berbahaya, yang meningkatkan kemungkinan tembakan ke gawang lawan.

Dalam permainan, para bek dan gelandang mencoba untuk mengoper bola ke striker. Perlu diingat bahwa menumpuk striker tidak menjamin meluncurkan serangan balasan. Striker tidak dapat berbuat baik kecuali dia didukung oleh timnya.

Semua itu bertujuan untuk membangun gaya bermain dan memulai serangan dari sisi yang saya inginkan. Dan hal lain yang dapat dilakukan untuk membaca strategi permainan lawan adalah dengan mengetahui para pemain di posisi apa saja yang menjadi kekuatan di dalam tim tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *